Frantic Onion Kun

Minggu, 09 September 2012

Sabar ada batasnya......????


“Sesungguhnya pahala yang besar itu, bersama dengan cobaan yang besar pula. Dan apabila Allah mencintai suatu kaum maka Allah akan menimpakan musibah kepada mereka. Barangsiapa yang ridha maka Allah akan ridha kepadanya. Dan barangsiapa yang murka, maka murka pula yang akan didapatkannya.” (HR. Tirmidzi, dihasankan al-Albani dalam as-Shahihah [146]).

Sabar Juga Ada Batasnya.....!!!!
kebanyakan orang melontarkan kata-kata seperti itu, ketika dirinya mendapatkan sesuatu hal yang tidak mengenakan (ejekan, hinaan, sakit hati, dsb).

sebuah pengalaman yang saya sendiri alami sehingga dapat melontarkan kata :

Janganlah kita sekali-kali merasa benci atau kita malah balik dendam kepada orang yang telah menyakiti kita, tetapi lebih baik kita mendo'akan supaya dia dijauhkan dari sifat seperti itu.
Rosululloh bersabda :

Apabila kita ditimpa musibah baik besar maupun kecil, sebaiknya kita mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun (sesungguhnya kami adalah milik Allah dan hanya kepada-Nya-lah kami kembal). ini dinamakan dengan kalimat istirja’ (pernyataan kembali kepada Allah SWT). Kalimat istirja’ akan lebih sempurna lagi jika ditambah, setelahnya dengan doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW  sebagai berikut :“Ya Allah, berilah ganjaran atas musibah yang menimpaku dan gantilah musibah itu yang lebih baik bagiku.”  Barangsiapa yang membaca kalimat istirja’ dan berdo’a dengan doa di atas niscaya Allah SWTakan menggantikan musibah yang menimpanya dengan sesuatu yang lebih baik. (Hadits riwayat Al Imam Muslim 3/918 dari shahabiyah Ummu Salamah.)

Ambilah hikmah dari setiap kejadian yang pernah kita alami, dan tetap bersabarlah, karena setiap urusan manusia (mukmin) itu baik 
Rasulullah SAW bersabda :

“Sungguh mengagumkan urusan seorang mukmin. Sesungguhnya semua urusannya adalah baik. Dan hal itu tidak akan diperoleh kecuali oleh seorang mukmin. Apabila dia mendapatkan kesenangan, maka dia bersyukur. Maka hal itu merupakan kebaikan baginya. Dan apabila dia tertimpa kesusahan maka dia bersabar. Maka itu juga merupakan kebaikan baginya.” (HR. Muslim)

Janangan pernah takut dan capek untuk bersabar, karena di sela sabar itu Allah SWT telah memberikan ganjaran/ pahala tanpa batas. Setiap amalan akan diketahui pahalanya kecuali kesabaran, karena pahala kesabaran itu, TANPA BATAS !!!!
Sebagaimana firman Allah SWT  

“Sesungguhnya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan ganjaran/pahala  mereka tanpa batas.” 
(Az Zumar: 10)


Penulis : Abdul Latif Abidin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar